BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PORTAL BERITA MEDIAONLINE CYBER ONE

Musna Perencanaan Pembagunan Nagari kajai Selatan Thn 2024 dinagari kajai selatan Kecamatan Talamau kabupaten Pasaman Barat Provinsi Sumatra Barat

 




CyberOne |Hari ini kamis 23/11/2023 diadakan acara Musna Perencanaan Pembangunan Nagari untuk Rencana pembangunan Nagari kajai Selatan thn 2024.

Acara ini dihadiri oleh Dinas  DPMN pasaman barat, Dinas perkebunan dan peternakan Pasaman barat, Dinas Dispora ,Camat Talamau.Pj.wali Nagari Kajai selatan BAMUS, PLD. kAN juga perangkat nagari serta anggota BAMUS , Jorong, serta tokoh masyarakat yg ada dinagari kajai Selatan.


Dalam acara ini Dinas DPMN Pasaman Barat  Diwakili oleh Efrineldi SST,par, Membidangi penggerak swadaya masyarakat nagari.

Menyampaikan.

Pengalokasian dana Desa 48 persen program nasional dan 52 % untuk  Pemberdayaan masyarakat, Peningkatan Ekonomi, dan perbaikan infrastruktur.

Nagari kajai selatan yg baru pemekaran tentu sangat membutuhkan Dana yg banyak dalam pengelolaan kegiatan, tentunya semua dana akan digunakan tentu diutamakan yg dangat perioritas. Lebih dulu.


Selanjutnya camat talamau Arman Putra, Menyampaikan Nagari Kajai Selatan  termasuk nagari yg penduduknya banyak yg terdampak Musibah gempa yg terjadi Tgl 25/02/2022 yg lalu tentunya masih banyak membutuhkan pembenahan untuk peningkatan Ekonomi akibat. Banyaknya Infrastruktur Yang Rusak, 

Mari kita arahkan kepada yg lebih bermanfaat di Masyarakat. 

Dalam hal ini tentu dibutuhkan kerja sama yg baik antara Pemerintah Nagari, BAMUS dan semua lembaga yg terbentuk untuk sama sam menjalankan tugasnya sesuai dengan fungsinya masing masing, Dengan harapan,  Dana nagari ini bisa berkembang Nantinya dimasyarakat Sebagai pemicu untuk peningkatan ekonomi yg maju.


Selanjutnya Bapak  Matius Mewakili Dinas Pemuda dan Olah-raga kabupaten pasaman barat. Dalam acara ini menyampaikan.

Agar pemerintah nagari kajai selatan yg baru Pemekaran ini, bisa menjalankan kegiatan kegiatan  kepemudaan seperti pertukaran pemuda antar propinsi juga pertukaran pemuda antar Negara.

Dengan harapan nantinya bisa menjadi pemuda pelopor dinagari.

Kalau memang  nagari membutuhkan pasilitas berupa lapangan olah raga, pihak Nagari juga bisa mengusulkan pembagunan sarana dan prasarana  olah raga yg tentunya dibutuhkan pemuda nagari Melalui proposal kePemerintah nagari yg selanjutnya akan diteruskan kepemerintah kabupaten.

Kalau untuk pembangunan lapangan olah raga, Pemerintah nagari wajib menyediakan lahan atau lokasi untuk pembuatan sarana olah raga yg dibutuhkan sebagai langkah awal.


Dinas Perkebunan dan peternakan Kabupaten pasaman barat dalam hal ini Dihadiri oleh Irwan Saputra Amd, Sebagai penyuluh Dia mengatakan saat ini yg ada dibidang kami adalah ayam dan kambing, juga kegiatan jalan usaha Tani. bagi masyarakat yg membutuhkan dipersilahkan membentuk kelompok sebagai penyaluran bantuan..yg tentunya terlebih dulu membuat proposal dan diantar kedinas Perkebunan dan perternakan kabupaten pasaman barat.

 

 Arman Putra, selaku Camat Talamau yg baru Dalam acara ini memperkenalkan dirinya kepada masyarakat nagari kajai selatan, selanjutnya dia mengatakan.

Mari kita bersama pemerintah dan masyarakat secara bersama melaksanakan kegiatan kegiatan yg ada dinagari.

Agar semua dana yg ada di nagari bisa berkembang untuk pemicuan peningkatan Ekonomi masyarakat Nagari kajai Selatan khususnya, Gunakanlah Dana sebaik baiknya  tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan.

dan dilaksanakan oleh semua lembaga yg ada dinagari.dan sesuai dengan petunjuk teknisnya  juga sesuai dengan semua aturan yg berlaku tentang penggunaan dana nagari.


Pj Wali nagari Kajai selatan Alfajri Spd,  juga berharap semoga kedepanya ada pembinaan keagamaan dibidang anak anak dan remaja sebagai pemicuan peningkatan pemahaman keagamaan yg ada di nagari ditingkat anak anak dan remaja menuju anak anak yg paham agama. dikesempatan ini,         Pj wali nagari kajai selatan juga mengucapkan Rasa terima kasihnya kepada semua instansi dan masyarakat yg hadir dalam acara ini.

Apapun acara dan kegiatan yg ada dinagari tentu semua membutuhkan dukungan  dari semua masyarakat juga semua kelembagaan yg ada di Nagari.


Ketua BAMUS nagari kajai selatan Rozikin dalam penyampaiannya .

BAMUS akan bergandengan dengan pemerintah nagari juga semua lembaga yg ada dinagari untuk memicu  segala yg diusulkan masyarakat untuk dituangkan  nanti ya Didalam RKP.

Dan semoga Tim RKP yg terbentuk nantinya bisa melaksanakan tugasnya dengan baik, agar semua kegiatan kita bisa terlaksana dengan cepat dan baik.

Dalam kesempatan ini Sekretaris BAMUS nagari kajai selatan Rifdal Amd, juga menyampaikan..pihaknya akan jemput bola dalam percepatan segala kegiatan yg diusulkan masyarakat, sebab saat ini kita masih banyak membutuhkan perbaikan  inftrastruktur akibat musibah gempa yg terjadi 25/02/2022 yg lalu.


PLD Juga menyarankan kepada masyarakat, jika ada usulan yg belum masuk waktu penggalian gagasan ditingkat Kejorongan, saat ini masih bisa diusulkan, untuk dimasukan kedalam RKP.


Dikesempatan ini Para kader posyandu Juga menyampaikan progres yg telah diraih dalam pelaksanaan pemicuan stunting dinagari kajai selatan.


Acara Musna ini diakhiri dengan pembentukan Tim RKP.



(Elwa KSSA)

Posting Komentar

0 Komentar