BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PORTAL BERITA MEDIAONLINE CYBER ONE

Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Dengan Kemendagri RI, Sejumlah Komoditi Di Pasbar Alami Kenaikan Pada Minggu Pertama Mei 2024


Pasbar, CyberOne | Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Inflasi bersama Menteri Dalam Negeri RI secara virtual dari Ruang Balkon Kantor Bupati setempat, Senin (6/5). Rakor dibuka oleh Plt. Sekjen Kementerian Dalam Negeri Komjen Pol Drs. Tomsi Tohir, M.Si.


Dalam paparannya, Plt. Kepala Badan Pusat Statistik, Amalia Adininggar Widyasanti, Ph.D, menyampaikan bahwa berdasarkan data inflasi menurut wilayah dari bulan ke bulan, pada bulan April 2024 deflasi beras terjadi di 28 provinsi, 1 provinsi stabil, dan 9 provinsi lainnya masih mengalami inflasi. 


"Berdasarkan pemantauan harga SP2KP pada minggu pertama Mei 2024 ini, beberapa komoditas pangan yang harganya meningkat adalah, seperti bawang merah, bawang putih, gula pasir, dan cabai merah. Khusus cabai merah, selain mengalami kenaikan harga juga mengalami penambahan jumlah kabupaten/kota yang mengalami kenaikan harga," jelasnya.


Menurut Arief Prasetyo Adi selaku Kepala Badan Pangan Nasional, dalam laporannya menjelaskan bahwa selama bulan Januari-Mei 2024 telah dilaksanakan kegiatan Gerakan Pangan Murah sebanyak 4396 kali di 37 provinsi dan 406 kabupaten/kota di seluruh wilayah Indonesia.


"Badan Pangan Nasional juga menghimbau masyarakat untuk stop boros pangan dan belanjalah dengan bijak," tekannya.


Selain itu, Plt. Sekjen Kementerian Dalam Negeri Tomsi Tohir, M.Si juga menghimbau kepada Kepala Daerah apabila terjadi bencana di daerah yang mengakibatkan gangguan pasokan pangan agar segera menetapkan status darurat bencana dan dapat menghubungi Badan Pangan Nasional untuk mendapatkan bantuan pangan.


Sementara itu berdasarkan grafik harga bahan pangan di Kabupaten Pasaman Barat mulai tanggal 29 April sampai dengan 6 Mei 2024 menunjukkan nilai perubahan harga yang cenderung naik. Bahan pangan yang mengalami kenaikan adalah Cabai Merah Lokal, Daging Ayam Broiler/Ras dan Cabai Rawit Hijau. Sedangkan bahan pangan yang mengalami penurunan harga adalah Beras Solok (premium). 


Berikut urutan waktu dan tingkat persentasi perubahan harga pangan yang telah terjadi. Pada tanggal 2 Mei 2024 harga Beras Solok (premium) turun sebesar 2,56%, disusul Cabai Merah Lokal yang mengalami kenaikan harga mencapai 8,33%. Dan pada tanggal 6 Mei 2024 harga Daging Ayam Broiler/Ras naik sebesar 3,45%, diikuti Cabai Rawit Hijau yang juga mengalami kenaikan mencapai 11,11% dari harga sebelumnya.


(Elwa KSSA)

Posting Komentar

0 Komentar