BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PORTAL BERITA MEDIAONLINE CYBER ONE

Musrenbang RPJPD 2025-2045 Dan RKPD 2025 Kabupaten Pasaman Barat,Bupati Hamsuardi: Kawal prioritas pembangunan


Pasbar, CyberOne | Bupati Hamsuardi hadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rancangan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025 Kabupaten Pasaman Barat, di Aula Kantor Bupati setempat, Rabu (27/3).


Dalam arahannya, Bupati Hamsuardi menjelaskan kegiatan Musrenbang sangat penting sekali. Karena menyangkut perencanaan kegiatan yang akan dilakukan. Baik itu Musrenbang tingkat nagari, tingkat kecamatan maupun tingkat Kabupaten Pasaman Barat.


"Usulan-usulan yang bapak ibu sampaikan itu di sinilah dikawal dan kita bulatkan. Masing-masing kecamatan atau nagari punya prioritas, begitu juga OPD. Sehingga apa yang menjadi prioritas pembangunan itu terlaksana dengan baik," katanya.


Walaupun lanjutnya, keterbatasan anggaran yang dihadapi saat ini. Dan harus dipahami dan juga diberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa ada batas kewenangan dari pembangunan itu. Ada kewenangan provinsi, kabupaten dan nagari.


"Jelas pembagian pembangunan itu. Seperti jalan provinsi rusak, maka kita berharap dan menyampaikan kepada Dinas PU Provinsi atas usulan kita juga. Karena jalan atau hasil pembangunan itu masyarakat kita juga yang menggunakannya," ujar Hamsuardi.


Ia juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat dan pemerintah provinsi yang telah mengucurkan anggaran untuk pembangunan di Pasaman Barat ini. Apalagi baru-baru ini ia bersama pemerintah pusat meninjau sungai, jembatan dan jalan yang rusak karena bencana banjir di Pasbar.


Ia menambahkan, selama pelaksanaan Musrenbang tingkat kecamatan tahun ini, banyak sekali usulan yang merupakan kebutuhan masyarakat. 


"Kita tentunya berupaya mengakomodir kebutuhan-kebutuhan masyarakat tersebut. Namun, mempertimbangkan ruang fiskal kita, tentunya tidak semuanya yang dapat diakomodir," katanya.


Oleh sebab itu, beberapa pendanaan di tahun depan antara lain bidang pendidikan, terutama untuk guru, peningkatan kapasitas tenaga pendidik dan kependidikan, dan penyediaan sarana dan prasarana belajar siswa. Selanjutnya pemenuhan SPM bidang kesehatan, air minum, sanitasi, sosial, keamanan dan ketertiban umum, dan kebencanaan. Pelaksanaan Program Unggulan Pasbar Cerdas, Pasbar Mengaji, Pasbar Sehat, Pasbar Maju dan Sejahtera. Pembiayaan untuk Program Unggulan Pasbar Sehat, yakni pemenuhan Universal Health Coverage (UHC).


(Elwa KSSA)

Posting Komentar

0 Komentar