BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PORTAL BERITA MEDIAONLINE CYBER ONE

Pemkab Pasaman Barat Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi dengan Kemendagri RI Secara Virtual


Pasbar, CyberOne | Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) yang dipimpin langsung oleh Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Inflasi dengan Menteri Dalam Negeri RI secara virtual dari Ruangan Balkon Kantor Bupati, Senin (8/7).


Dalam rakor tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal Kemendagri, Tomsi Tohir, mengingatkan seluruh daerah, terutama dinas terkait, untuk melakukan pembenahan distribusi pupuk dengan mengecek seluruh hasil kegiatan di lapangan dan mengendalikan harga pupuk agar tidak terjadi penyimpangan.


“Kami berharap ini menjadi atensi, karena menyangkut nasib rakyat banyak dan juga para petani. Dinas terkait harus bisa melakukan terobosan kreatif yang tidak melanggar aturan,” ucapnya.


Tomsi Tohir juga menegaskan agar pemerintah daerah segera mengirim data terkait pencetakan sawah. Saat ini, terdapat 48 kabupaten/kota yang telah mengusulkan.


"Ini merupakan kesempatan baik yang diharapkan dapat mensejahterakan petani, sehingga lahan yang tidak produktif dapat diubah menjadi sawah yang dialiri oleh irigasi,” tutup Tomsi Tohir.


Berdasarkan grafik harga bahan pangan di Kabupaten Pasaman Barat dari tanggal 1 Juli sampai dengan 8 Juli 2024, terjadi penurunan harga pada beberapa komoditas. Harga Cabai Merah Lokal dan Cabai Rawit Hijau mengalami penurunan, sementara harga Ikan Laut Tongkol mengalami kenaikan.


Berikut rincian perubahan harga bahan pangan tersebut:


- Pada tanggal 3 Juli 2024, harga Ikan Laut Tongkol naik sebesar 20,00%.

- Pada tanggal 8 Juli 2024, harga Cabe Merah Lokal dan Cabe Rawit Hijau masing-masing turun sebesar 8,33% dari harga sebelumnya.


Data harga tersebut diperoleh dari pasar-pasar di wilayah Kinali, Simpang Tiga, Simpang Empat, Kapa, Padang Tujuh, Kajai, Talu, dan Paraman Ampalu.


(Elwa KSSA)

Posting Komentar

0 Komentar