BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PORTAL BERITA MEDIAONLINE CYBER ONE

Bupati Hamsuardi Resmikan Pemekaran Kejorongan, Lima nagari di kecamatan Pasaman


Pasbar, CyberOne | Pemetaan nagari hingga kejorongan adalah bagian dari tugas kita dalam menata pemerintahan. Pemekaran merupakan bagian dari tertib administrasi yang akan memudahkan kita dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Apalagi Pasaman Barat (Pasbar) wilayahnya cukup luas, sehingga seorang kepala jorong tidak bisa mengurusi banyak warga. Untuk itulah kita lakukan pemekaran kejorongan ini.


Hal tersebut diungkapkan Bupati Pasbar, Hamsuardi, didampingi Camat Pasaman Andre Affandi, dan stakeholder terkait lainya.

dalam sambutannya saat meresmikan kejorongan di Lima Nagari yang berada di Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Senin (1/7) di halaman kantor Wali Nagari Sukomananti Aua Kuniang, Kecamatan Pasaman.


Ke depan, lanjut Bupati Hamsuardi, kepala jorong terpilih harus aktif mengurusi masyarakat. Selain itu, kepala jorong harus mensosialisasikan Program Unggulan Pemda Pasbar seperti Berobat Gratis, Magrib Mengaji, Tahfiz Alquran, dan program unggulan lainnya.


Lima nagari yang diresmikan kejorongannya adalah Nagari Lingkuang Aua Barat menjadi empat kejorongan, yakni Batang Biyu, Batang Biyu Timur, Batang Biyu Tangah Padang, dan Batang Biyu Rimbo Gantiang. Nagari Lingkuang Aua Bandarajo menjadi Kejorongan Bandarejo, Bandarejo Timur, dan Bandarejo Barat. 


Nagari Sukomanati Aua Kuniang menjadi empat kejorongan, yakni Sukomananti, Sukomananti Mudiak, Tapalan Mudiak Sukomananti, dan Tapalan Ilia Sukomananti. Sedangkan Nagari Lembah Binuang Aua Kuniang dibagi menjadi empat kejorongan, yaitu Lembah Binuang, Bukik Nilam, Simpang Patai Lembah Binuang, dan Plasma Tigo Bukik Nilam. 


Terakhir, Nagari Aia Gadang Barat menjadi lima kejorongan, di antaranya Pasia Bintungan, Labuah Luruih, Pasia Bintungan Timur, Pasia Bintungan Barat, dan Labuah Luruih Baru. 


Di samping itu, tokoh masyarakat Yufrinaldi menyampaikan bahwa peresmian kejorongan yang dilakukan pada hari itu adalah lanjutan dari pemekaran nagari yang sudah definitif. Ia juga mengapresiasi bahwa pada hari itu ada 5 nagari di Kecamatan Pasaman yang telah menyelesaikan pemetaan jorong. 


"Kita memberikan apresiasi kepada bapak camat Pasaman, wali, dan perangkat nagari serta masyarakat Kecamatan Pasaman. Sebab, apa yang kita lakukan hari ini adalah berkat kerja sama dan dukungan semua pihak. Terima kasih juga kepada Wali Nagari Sukomananti yang telah memberikan kami kesempatan sebagai perwakilan masyarakat," ungkapnya.


(Elwa KSSA)

Posting Komentar

0 Komentar