BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PORTAL BERITA MEDIAONLINE CYBER ONE

Sambut Hari Bhayangkara ke-78, Polres Pasaman Barat Melaksanakan Kegiatan Bakti Kesehatan


Pasbar, CyberOne | Menjelang momentum Hari Bhayangkara ke-78 yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2024 mendatang, Polres Pasaman Barat menggelar Bakti Kesehatan berupa kegiatan donor darah dan pengobatan gratis untuk masyarakat yang dilaksanakan di lapangan Indoor Vollyball Polres Pasama Barat, Rabu (26/6/2024).


Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Tribawanto, S.Ik menjelaskan bahwa pentingnya kegiatan ini sebagai bentuk peran aktif Polri dalam mendukung kesehatan masyarakat, sehingga kegiatan ini diharapkan juga mampu memberikan kontribusi yang nyata pada bidang kesehatan khususnya dalam ketersediaan darah untuk masyarakat. 


"Kegiatan donor darah dan pengobatan gratis ini tidak hanya membantu memenuhi kebutuhan darah di Kabupaten Pasaman Barat, tetapi juga memperkuat hubungan Kepolisian dengan masyarakat melalui kepedulian langsung dirasakan masyarakat," ujar Kapolres.


Dengan semangat kebersamaan dan gotong royong bersama Dinas Kesehatan, PMI Kabupaten Pasaman Barat dengan pihak Polres berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan secara berkala dan berkesinambungan, tidak hanya untuk memperingati Hari Bhayangkara, tetapi juga sebagai bagian dari tanggung jawab sosial Polri kepada masyarakat.


“Semoga kegiatan seperti ini dapat terus kita laksanakan secara rutin, tidak hanya dalam rangka Hari Bhayangkara, tetapi juga di kesempatan lainnya. Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya acara ini, khususnya kepada para pendonor yang telah dengan sukarela menyumbangkan darah mereka,” tambahnya.


Selain personel Polres yang menyumbangkan darahnya, kegiatan ini juga dihadiri oleh Instansi terkait seperti dari personel Kodim 0305/Pasaman, anggota Brimob Kompi III Yon B Pelopor Sat Brimobda Sumbar, Dinas Perhubungan, Sat Pol PP, serta masyarakat lainnya.


Tahapan dalam pelaksanaan donor darah dimulai dengan pendaftaran, pengisian formulir oleh para peserta, pemeriksaan tensi, kadar hemoglobin (HB), golongan darah, anamnesa, screening kesehatan, dan dilanjutkan dengan pengambilan darah pendonor. Kegiatan yang diikuti oleh sekitar 340 orang berlangsung dengan aman dan lancar.


“Kegiatan donor darah ini mendapatkan antusias yang tinggi dari para peserta, dari total 340 orang yang hadir, pihak kami berhasil mengumpulkan 108 kantong darah yang nantinya akan disimpan Bank darah di PMI Kabupaten Pasaman Barat,” ungkap Kapolres.


AKBP Agung kembali mengatakan bahwa acara ini tidak hanya menjadi momen penting dalam memperingati Hari Bhayangkara ke-78, tetapi juga sebagai bukti nyata kepedulian Polri terhadap kemanusiaan. Dengan tersedianya pasokan darah yang aman dan cukup, diharapkan kebutuhan medis masyarakat dapat terpenuhi dengan lebih baik. 


“Semangat kebersamaan yang tercermin dalam acara ini menjadi inspirasi bagi banyak pihak untuk terus berkontribusi dalam kegiatan sosial dan kesehatan, menciptakan masyarakat yang lebih kuat dan sehat di masa depan," terang Kapolres. 


Kegiatan bakti kesehatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat di Kabupaten Pasaman Barat, serta mempererat ikatan emosional antara pihak Kepolisian dengan warga Kabupaten Pasaman Barat dalam menjaga keamanan dan kesehatan bersama. 


(Elwa KSSA)

Posting Komentar

0 Komentar