BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PORTAL BERITA MEDIAONLINE CYBER ONE

Tim BKSDA Sumbar Meninjau keberadaan Harimau Sumatera di Lokasi PLTMH Tongar. Pasaman Barat


Pasbar, CyberOne | Tim dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat Meninjau langsung lokasi munculnya seekor Harimau Sumatera yang sempat terjebak di bendungan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Tongar Sabtu (23/03/2024)


Kedatangan tim BKSDA ini karena adanya laporan masyarakat terkait vidio penampakan seekor harimau sumatera yang hanyut terjebak di saluran PLTMH tongar, Tim turun kelokasi untuk mencari solusi mengamati dilapangan kondisi harimau terkait posisi awal, jejak, bau juga arah dan tenaga gerak harimau.


Dalam penelusuranya Tim Yang diketuai oleh Antonius Vevri, S.Si., M.Sc beserta rombongan menemukan jejak harimau, dan diprediksi harimau sudah kembali menuju hutan.


Kemudian Menurut Dokter Hewan Afdalu Zikri ys, yang ikut dalam rombongan menyampaikan setelah dilihat aktivitas harimau melalui pemantauan CCTV perusahaan, bahwa kondisi harimau tampak sehat, tidak ada trauma fisik setelah keluar dari dalam sungai, dan diperkirakan berjenis kelamin jantan berusia 5 tahun.


Berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018, bahwa harimau Sumatera termasuk hewan dilindungi di Indonesia,  sehingga Tim BKSDA dalam  penanganan dan pemantauan perlu melakukan azas kehatian hatian dalam mengamati eksistensinya.


Kemudian Tim BKSDA menghimbau agar masyarakat lebih berhati hati bila pergi ke kebun, jangan sendirian, dianjurkan berteman lebih dari satu orang karena biasanya harimau beraktifitas sekitar jam 07.00 pagi sampai jam 05.00 sore, selalu membuat bunyi bunyian sebagai kode manusia ada disekitar areal, sebab harimau jantan tidak mau lokasinya dikuasai yang lain.

Berbeda dengan Harimau Betina Yang Bebas Masuk keareal lain dengan Begitu saja.


Turut memantau dilokasi, ada Afrizal Kabid Kedaruratan BPBD Pasbar, Afriadi Camat Talamau, Khairil Ikhwan SE Pejabat (Pj) Wali Nagari Aua Kuning,  Bhabinkamtibmas Aua kuniang  Riki Hendrianto SH, M. Jamil Sekretaris Nagari (Sekna) Kajai selatan juga karang Taruna Nagari Pinaga Aua kuniang.


Setelah melakukan diskusi dikantor Wali Nagari Pinaga Aua kuniang, Khairil Ihwan. SE, menyampaikan ucapan Terimakasih kepada Tim BKSDA provinsi Sumatera Barat Yang Telah langsung Turun Kelapangan Sehingga apa yang menjadi Keresahan dan pertanyaan  Masyarakat Sudah Bisa kami jawab dengan tujuan agar masyarakat kembali merasa aman dan nyaman dalam menggarap areal perkebunannya.

Ungkapnya.


(Elwa KSSA)

Posting Komentar

0 Komentar