BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PORTAL BERITA MEDIAONLINE CYBER ONE

Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Pasaman Barat Dalam Rangka Hari jadi Pasbar Ke-20


Pasaman Barat, CyberOne | Rapat Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasaman Barat, provinsi Sumatera Barat,dalam rangka Hari Jadi  Kabupaten Pasaman Barat, digelar digedung DPRD Kabupaten Pasaman Barat, Jalan Pertanian Padang Tujuh, 07/01/2024


Rapat Paripurna dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat diwakili Hansastri Sekretaris Daerah (Sekda) Propvinsi Sumatera Barat, Rezka Oktaberia Anggota DPR RI,  Emma Yohanna Anggota DPD RI, Zulkanedi Said dan Yunisra Syahiran Ketua dan Anggota DPRD Propinsi Sumatera Barat, Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Pasaman Barat, Forkopimda Pasaman Barat, Sekda Pasaman Barat, Asisten, Staf Ahli, OPD, BUMN, BUMD, PKK, Organisasi Wanita, Ketua IKKD, Organisasi Profesi, Camat, Wali Nagari, dan Bamus se-Pasaman Barat.


Selain itu rapat juga dihadiri oleh mantan Bupati Pasaman Barat Zambri, Baharudin R, dan Yulianto, kemudian Mantan Ketua DPRD Kabupaten Pasaman Barat Daliyus, Pimpinan Partai Politik,  Ketua IKB Riau, Direksi Perusahaan, Beni Utama Mantan Bupati Pasaman Dua Periode, Pucuak Adaik, Ketua KAN, Niniak Mamak, Tokoh Masyarakat, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Bundo Kandung se-Pasaman Barat.


Diawali dengan Pembacaan Ayat Suci Al-Quran, dilanjutkan pidato pembukaaan oleh Erianto Ketua DPRD Kabupaten Pasaman Barat. Dalam pidatonya menyampaikan ucapan terimakasih kepada tokoh pemekaran pasaman barat, dan kepada bupati terdahulu yang telah ikut berpartisipasi memajukan Pasaman Barat.


Kemudian Ketua DPRD mengapresiasi Bupati Hamsuardi dan Wakil Bupati Risnawanto atas dedikasi dan pengabdiannya dalam mensuskseskan program UHC (Universal Health Coverage) dalam menerapkan pelayanan pengobatan gratis kepada masyarakat Pasaman Barat.


Ketua DPRD juga menyampaikan keberhasilan Pemerintah Daerah dalam mempercepat proses mekarnya 71 nagari baru menjadi 90 nagari di Pasaman Barat. Namun Erianto juga berharap kepada Pemerintah daerah agar segera merealisasikan Bantuan Rumah Rusak Berat, Sedang dan Ringan kepada masyarakat terdampak gempa, Tgl 25 Februari 2022 yang lalu dan meminta Pemda Pasbar membuka lapangan pekerjaan untuk mengentaskan kemiskinan di Pasaman Barat.


Sayuti Amin, Salah seorang Tokoh masyarakat Pasaman Barat, dalam Sambutan berpesan kepada Pemerintah daerah agar kedepannya, lebih bisa melakukan terobosan baru  untuk kemajuan Pasaman Barat,.


Tokoh yang berasal dari Talu Kecamatan Talamau ini menyampaikan beberapa masukan kepada pemerintah daerah, diantara poinnya adalah:

1. Pemda harus bisa melobi jakarta terkait proyek pengembangan pembangunan di pasaman barat.

2. Pemda harus selalu berkoordinasi menjawab persoalan yg ada.

3. Pelayanan publik masih belum seperti yang diharapkan masyarakat.

4. Ketersedian air bersih pasar talu lebih mudah didapat zaman kolonial, dibanding saat ini, padahal talamau salah satu sumber air di pasaman barat.

5. Pemda harus memprioritaskan memperbaiki dranaise badan jalan bekas gempa.

6. Pengelolaan sampah harus ada regulasi untuk masyarakat dan pedagang kuliner disertai CCTV.

7. Kebersihan taman dan dranaise harus diperhatikan lagi.

8. Ruang kosong di jalan raya harus di bangun halte,  jika hujan pengguna jalan bisa berteduh.

9. Bahu jalan sebaiknya dirabat beton

10.Taman masjid agung dan DPRD dilestarikan kembali.

11. Penambahan dapil tuk pilcaleg.

12. Bandara udara agar bisa dioperasikan kembali.


Bupati Pasaman Barat Hamsuardi, mengucapan terima kasih kepada tokoh dan bupati terdahulu yang telah berupaya membangunan Sumber Daya Manusia (SDM), Infrastruktur dan Pemerintahan.


Di Hari jadi kabupaten Pasaman Barat yang ke-20 ini, Hamsuardi juga memperkenalkan tema Pasbar beriman, Pasbar berprestasi dan Pasbar maju, menjadikan Pasaman Barat Sehat dan Pasaman Barat Cerdas.


Pasbar sehat dengan program UHC pengobatan gratis dan Pasbar Cerdas dengan pembangunan SDM sesuai RPJM 2021 - 2026, pembangunan Ruang Kelas, ruang guru dan ruang pustaka untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP).


Pasaman Barat juga menerapkan Pendidikan Karakter dengan program Pasbar mengaji, untuk mewujudkan generasi cerdas akademik, mental dan spritual, membuka lapangam pekerjaan dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).


Hansastri, Sekda Propinsi Sumbar mengucapkan selamat HUT Pasaman Barat yang Ke-20, dan apresiasi untuk pemda atas banyaknya prestasi, berkat kerja keras dan kerja sama semua pihak.


Hansastri berharap keterbatasan anggaran, pemda harus mencari dan memsiasati dengan melakukan upaya, misalnya kerjasama dengan provinsi sumatera barat, dan kementerian yang ada dipusat, pemda harus mampu melakukan pemetaan pendekatan, memanfaatkan potensi perkebunan, pertanian, dan perikanan.  Komoditi hilirisasi untuk meningkatkan nilai tambah untuk menstabilkan harga dipasaran.


Pemda Pasaman Barat juga harus mengawal 90 Nagari untuk dilakukan pembinaan, agar pembangunan berjalan efektif dan tepat sasaran, menurunkan angka stunting, pendidikan karakter, pelayanan berbasis IT, dan pembangunan jalan diteluk tapang.


(Elwa KSSA)

Posting Komentar

0 Komentar