BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PORTAL BERITA MEDIAONLINE CYBER ONE

Danrem 012/TU Pimpin Konvoi Motor Ke Makam Teuku Umar Pada HUT ke 61 Korem 012/TU


Meulaboh  | Dalam rangkaian peringatan HUT Korem 012/TU ke-61 tahun, Danrem 012/TU Kolonel Inf Riyanto, S.I.P., beserta para Dan/Kabalak dan Prajurit Jajaran Korem 012/TU melaksanakan ziarah ke Makam Teuku Umar dengan mengadakan pawai bersepeda motor, pada Selasa 30/5/2023.


Kegiatan dimulai dengan apel pagi di titik start yang dipimpin langsung oleh Danrem 012/TU. Dalam sambutannya, Danrem 012/TU Kolonel Inf Riyanto, S.I.P menyampaikan bahwa "kegiatan ini sebagai bentuk penghormatan terhadap perjuangan Pahlawan Nasional Teuku Umar dalam melawan penjajahan Kolonial Belanda.


Adapun titik start awal dimulai dari lokasi Monumen kopiah Meukeutop Teuku Umar Pantai Suak Batu Putih, Tempat dimana sang pahlawan mengakhiri perjuangannya (mati syahid) Saat berperang melawan penjajahan Belanda pada tahun 1899 setelah tertembak oleh Pasukan Belanda.


Selanjutnya,Setelah memberikan arahan, Danrem langsung memimpin  Konvoi Kendaraan Roda Dua menuju Makam Teuku Umar Johan Pahlawan yang terletak di pegunungan kawasan Desa Mugo, Kecamatan Panton Reu, Kabupaten Aceh Barat, 

dengan jarak tempuh sekitar 44 KM. 


Setelah tiba di Lokasi makam, Danrem Beserta Staf Dan Prajuritnya melanjutkan kegiatan tabur bunga dan doa bersama di pelataran Makam Teuku Johan Pahlawan. 


"Dalam sambutannya sebelum doa bersama, Danrem menyampaikan pentingnya merawat dan menjaga nilai semangat  perjuangan Teuku Umar sebagai anak bangsa yang gigih berjuang dengan strategi yang cerdik dan menyulitkan lawan, "terangnya.


Ia juga memparkan tentang Sosok Teuku Umar adalah "seorang Pahlawan Nasional Asal Aceh Barat yang lahir di Meulaboh pada tahun 1854 dan gugur di Desa Suak Ujong Kalak, Kecamatan Johan Pahlawan pada 11 Februari 1899 saat perang melawan penjajah Belanda, " Jelasnya. 


"Danrem berharap Prajurit Korem 012/ Teuku Umar akan terus menempatkan nilai perjuangan Teuku Umar menjadi inspirasi untuk melanjutkan perjuangan sesuai dengan tuntutan tugas saat ini, "Tegasnya.


Danrem juga menekankan pentingnya memahami sejarah, khususnya Sejarah kejayaan Aceh hingga saat ini dengan segala dinamika yang terjadi dimasa lalu, agar Prajurit memiliki pengetahuan yang memadai dan dapat menjawab tantangan tugas yang dihadapi dengan segala permasalahan dilapangan apalagi sebagai prajurit teritorial yang sangat dekat dengan masyarakat. 


"Danrem mengucapkan terima kasih kepada semua peserta Napak Tilas atas partisipasinya dalam meramaikan peringatan HUT Korem ke-61 tahun ini. Dia berharap prajurit Korem 012 Teuku Umar senantiasa mampu menjawab tuntutan tugas dan selalu dekat dengan rakyat serta dicintai rakyat, "demikian Danrem. 


Dalam tausiah singkat, Juru Kunci makam Teuku Umar Tgk. Meurahasan membahas sejarah Teuku Umar, "seorang tokoh yang lahir di Meulaboh, Aceh Barat pada tahun 1854. Meskipun tidak mendapatkan pendidikan formal, Teuku Umar terkenal sebagai anak cerdas, pemberani, dan pantang menyerah.


"Karena keberaniannya, ia dianggap sebagai pahlawan nasional dan namanya diabadikan dalam banyak tempat di Aceh, termasuk Korem 012/Teuku Umar. Nama Teuku Umar masih dikenang oleh masyarakat Aceh sebagai simbol keberanian, kecerdikan, dan semangat perjuangan hingga saat ini, ringkasnya.


Setelah itu, Juru Kunci makam Teuku Umar, Ustadz Meurahasan, memimpin acara Yasinan, zikir, dan do'a bersama di lokasi tersebut. Dalam suasana khidmat, terlihat Danrem 012/TU dan prajurit Korem 012/TU mengikuti dengan penuh khusuk. Seluruh kegiatan berlangsung tertib dan aman, diikuti dengan sesi foto bersama sebelum peserta kembali ke Satuan masing- masing


Lokasi makam pahlawan dari Aceh Barat ini, dilengkapi beberapa fasilitas seperti musalla, ruang pertemuan, dapur umur, toilet dan lapangan untuk upacara.  


Di dalam lokasi pemakaman berdiri tiang-tiang kokoh berbalut kain kuning serta dindingnya terhias dengan beberapa foto pahlawan nasioanal berpose bersama pejuang-pejuang Aceh lainnya. (OneNews) 


(DS|YS)

Posting Komentar

0 Komentar