BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PORTAL BERITA MEDIAONLINE CYBER ONE

JALAN LINTAS SUMATERA SOSOPAN, NADI PEREKONOMIAN YANG TERLUPAKAN


Oleh: LUTHAN TH DAULAY/Putra Daerah Asli Tabagsel 

Jika berkaca kepada infrastruktur dan fasilitas publik yang dimiliki oleh dan/atau yang berada diwilayah pemerintah kabupaten padang lawas. Jauhlah terasa panggang dari api, sekalipun insfratruktur dimaksud menjadi tanggung jawab pemerintah provinsi, tetapi peran fungsi dan tanggung jawab moral pemerintah kab padang lawas sangat menentukan. Infrastruktur dimaksud ialah infrastruktur fisik atau sarana maupun prasarana yang menunjang segala aktivitas masyarakat dalam upaya mencari kehidupan yang layak. Dalam konsep Negara atau daerah yang sedang membangun, pengadaan sarana dan prasarana menjadi sangat penting untuk menunjang sektor-sektor lainnya  agar dapat berkembang dengan baik. Salah satu bentuk infrastruktur yang sangat urg.,lent menjadi perhatian secara serius adalah keberadaan jalan, karena jalan adalah tempat berlangsungnya lalu lintas aktivitas masyarakat. Mulai dari anak pergi sekolah, para pegawai negeri dan swasta berangkat kekantor, Masyarakat pergi marrengge-rengge atau berdagang menggunakan transfortasi umum, dan lain sebagainya. Jalan yang baik tentulah jalan yang memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para pengguna jalan. Merujuk pada fakta dilapangan, sedikit banyaknya masih ada jalan yang berada diwilayah kabupaten padang lawas yang hingga sekarang belum terurus secara maksimal, padahal jalan tersebut sangatlah strategis untuk semua sisi, termasuk dalam hal membantu roda perekonomian masyarakat, keselamatan dalam berlalu lintas, kemajuan suatu daerah, bahkan peningkatan PAD. 


Salah satu contoh jalan yang perlu diperhatikan keberadaannya dan dinilai kurang hidup adalah Jalan Lintas Sumatera Sosopan. Bukan hari ini atau kemarin jalan ini perlu perhatian, namun lebih jauh dari pada itu, bahkan puluhan tahun lamanya jalan ini berdiam dan mengikhlaskan diri untuk dinikmati, nyaris tidak disantuni, dan jaraknyapun diperkirakan kurrang lebih puluhan kilo nya. Perlunya perhatian ini ditandai dengan banyaknya jalan yang hancur /atau terkelupas, dan bila terjadi hujan dapat mengakibatkan badan jalanan amblas, bahkan dapat menelan korban. Dengan kondisi yang demikian tragis maka dapat diperkirakan nasib apa yang dialami oleh masyarakat? ini  bukan hanya berimbas pada ketidaknyamanan, namun lebih dari itu dapat menelan korban, dan dapat melemahkan perekonomian masyarakat. 


Apapun ceritanya, kerusakan jalan lintas sumatera sosopan sangatlah berdampak buruk bagi kehidupan masyarakat banyak. Sebagaimana yang telah digambarkan sebelumnya, jika memandang kepada esensi dan subtansinya, jalan merupakan sebuah kebutuhan primer, urgent dan sangat vital. Jalan merupakan media lalu lintas darat, juga sebagai instrument pendukung bagi masyarakat untuk dapat melakukan aktivitas sehari hari, berbagai aktivitas tersebut seperti kelancaran transaksi masyarakat dalam berdagang, juga kelancaran serta keselamatan bagi para penyedia jasa angkutan darat dan penumpang, bahkan bagi pemerintah jalan yang baik dan kelancaran aktivitas diatasnya pastilah memberikan dampak yang positif bagi pemasukan kas daerah. Dalam satu kalimat lugas prasarana jalan akan sangat berpengaruh untuk keberlangsungan hidup dan tingkat pendapatan masyarakat banyak, demikian juga pemerintahnya. 


Jalinsum Sosopan, merupakan jalur yang sangat strategis karena menjadi roda penghubung dan penggerak aktivitas perdagangan barang dan jasa dapat dikategorikan sentral pertumbuhan ekonomi, keberlangsungan pendidikan dan peningkatan pemerataan kesejahteraan masyarakat Padang Lawas, khususnya kecamatan sosopan. Dan Jalinsum Sosopan merupakan jalur penghubung aktivitas antar kabupaten, peranan dan manfaatnya tidak dapat dianggap enteng atau sebelah mata. 


Kondisi ini mendorong kita untuk menarik kesimpulan bahwa keseriusan dan kesungguhan para pejababat pemerintah (eksekutif dan legislatif) dalam berjuang dan memperjuangkan perbaikan atau pembangunan infrastruktur jalan yang baik dan layak pakai di wilayah pemerintah  kabupaten padang lawas  masih tergolong rendah. 


Butuh Kesungguhan dan Kecerdasan


Cerdas dan sungguh-sungguh. Dua kata kunci ini bagian dari tombol dalam mengurai problema yang dihadapi oleh prasarana dipadang lawas, sumatera utara. Berjuang dengan sungguh-sungguh untuk dapat memperbaiki infrastruktur serta cerdas dalam memperoleh anggaran untuk pelaksanaan ide tersebut.  Kita semua, terutama para pengguna aktif Jalinsum Sosopan tentu berharap, bahwa Jalan Lintas Sumatera Sosopan ini harus diperhatikan dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat menjadi jalan lintas sumatera yang ramah lingkungan, humanis, aman, nyaman dan dapat mendongkrak perekonomian masyarakat. 


Akhirnya melalui tulisan ini, izinkan penulis memohon dan mengajak kita semua, tentunya pemerintah padang lawas, khususnya pemerintah provinsi sumatera utara dapat bersama-sama memaksimalkan niat dan sikap untuk memperjuangkan perbuatan yang berpihak terhadap kepentingan dan hajat hidup masyarakat banyak, khususya untuk masyarakat padang lawas. Hal itu dapat kita mulai dan tunjukkan dengan niat dan sikap yang sunguh-sungguh untuk memperjuangkan pembangunan serta perbaikan infrastruktur dan terlebih pada pembangunan dan/atau perbaikan jalan lintas sumatera sosopan dengan maksimal. Suksesnya sebuah pembangunan sangat tergantung pada sejauh mana niat, kualifikasi personal, akses, komunikasi, integritas dan sinergitas yang dimiliki oleh para pemangku kekuasaan (eksekutiv dan legislativ) dan melibatkan berbagai stake holder yang ada, serta ditopang dengan kesungguhan niat, serta ketulusan yang ikhlas dalam memperjuangkan pembangunan sumatera utara yang berkeadilan, berkemajuan, hingga tereujudnya sumatera utara yan bermartabat.

Posting Komentar

0 Komentar